Ibadah


Berdoa? Siapa orang-orang yang kufur adalah orang yang tidak pernah berdoa. Doa dengan keikhlasan hati dan hanya berharap mendapatkan keridhoan dan keberkahan dari Allah itu tidak mudah. 

Ketika kita berdoa, jangan pernah berharap apa yang kita doakan akan terjawab dengan sendirinya tanpa ada usaha yang keras, jangan berharap orang yang akan kita doakan membalas doa-doa kita tanpa kamu menunjukkan padanya, jangan berharap apa-apa selain ikhlas berdoa.

Doaku…

Semua doa yang pernah kuserahkan pada Allah adalah doa terbaik untuk orang yang kucintai dan sayangi. Walaupun aku tau ada beberapa yang membalasnya dengan doa ada juga yang tidak, ada juga yang membalas dengan kebencian, kemarahan, ketidak perdulian, itu semua sudah biasa. Biarkan Allah yang menjawab semuanya, mungkin orang yang kita doakan tuli, buta, tertutup mata hati batinnya, tapi Allah tidak pernah lari dari samping kita. Hanya pada Allah lah cerita hatiku, tangisanku, hingga tetes air mataku, bahagiaku, senyumku serta keikhlasanku. Doaku ikhlas yang membimbingku akan usahaku juga, jikalau doa mu tanpa usaha sama saja makan tanpa ada rasa.

Kalau saja semua dunia mengerti apa arti doa kepada Allah seutuhnya, mendekatkan diri dari hati ke Allah, mungkin dunia ini tidak ada yang bercerai berai, kehidupan pasti aman dan tentram, tidak pernah ada fitnah, tidak pernah ada kesalah pahaman, tidak pernah ada patah hati. 

Apa Doa itu bisa terlihat seperti asap? Jika Doa itu terlihat seperti asap, kita pasti akan malu dengan orang-orang yang masih setia dengan sujudnya serta doa dan zikirnya mendoakan langkah kita yang terbaik, selalu setia ada di belakang kita tanpa kita sadari. Selain kedua orangtua kita, masih ada diluar sana orang-orang yang mencintaimu tulus ikhlas beserta dengan doa dan sujudnya untuk dirimu.

Apa tak cukupkah kamu membuat dosa dengan Allah dengan tidak taat nya kita, apa kita masih mau menambahkan lagi dengan dosa membuat orang lain terluka walaupun segores dihatinya? Apa artinya ketika kamu bersedekah dengan ilmu untuk orang lain tapi masih ada orang yang sakit hati karena perbuatanmu? Apa kamu tidak terkejut ketika orang yang paling kamu sakiti adalah orang yang setia duduk di sajadah untuk mendoakan keberhasilanmu dunia akhirat?

Apa kamu akan menyepelekan orang yang mengajakmu sholat, mengingatkanmu untuk sholat, apa kamu akan mengatakan untuk apa sholat seakan menangkal dari sesuatu? Sudahkah kamu melihat kaca cermin hari ini? Disitulah jawabannya. Berkacalah di cermin bagaimana hari-harimu tanpa ada yang setia mendoakanmu? Berkacalah di cermin, sudah sempurnakah ilmu Islam mu sehingga bisa kau singkirkan orang-orang yang setia mengingatkanmu pada akhirat? Picik!

Wahai manusia, sudah sempurnakah hidupmu lantas kau melupakan segala amal ibadah yang seharusnya itu menjadi tabunganmu ke akhirat? Tertawa-tawa di tempat tongkrongan dengan teman walaupun waktunya utk sholat, asyik membaca buku, mendirikan ilmu dunia padahal azan sudah menggema? Dimana hati batinmu sehingga bisa sesombong itu kamu hidup didunia? 

Tidak ada terlihat kecuali manusia yang menunduk, menyeimbangkan ilmu dunia dan akhiratnya, sedekah setiap hari, menyadarkan diri akan artinya mengingat Allah. Sholat adalah tiangnya agama Islam, berzikir, berdoa, membaca Al-Quran, bersedekah, berzakat, beserta keindahanmu bersilaturahmi didunia. Hanya manusia yang selalu bersyukur, menunduk spt padi, mengingat Allah setiap saat lah yang akan tenang dan nyaman dalam hidup di dunia dan di akhirat.

Kembali lagi aku hanya manusia penuh dengan dosa, semoga tulisan aku kali ini dapat menyadarkan kalian akan makna nya doa yang tulus dan ikhlas, ibadah untuk hidup dan mati kita.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s