Ilmu paling tinggi adalah Kesabaran


Kesabaran itu ketika ujian datang tapi kita tetap tenang menghadapinya, bukan segala sesuatu dipikir dengan emosi dan egois kita sendiri karena masih ada orang di sekeliling kita yang mempunyai hati dan perasaan. 

Kedewasaan tumbuh ketika ujian itu datang berulang kali tanpa ada waktunya, yang sering membuat kita terkejut dan shock, disitulah Allah membuatkan ilmu yang paling tinggi yang harus kita tingkatkan sendiri tentang kematangan kita berpikir dan berjiwa besar.

Tanggung jawab adalah yang paling besar, ketika ujian yang mendadak itu datang tapi kita tetap berdiri tegap dan menghadang dengan tanggung jawab kita yang penuh tulus dan ikhlas, bukan tanggung jawab karena punya tugas setiap saat, itu sudah kerjaan monoton yang tidak ada tantangannya sama sekali bahkan bisa dibilang bukan tanggung jawab penuh untuk urusan dunia.

Bisa kah ilmu Allah dimasukkan menjadi satu logika atau satu teori yang dapat kamu kulik sendiri menjadi bagian hidupmu? Bahkan Rasulullah saja belum tentu bisa, apalagi hanya sekedar Einstein, Edison, Gibson, Watson, Hayes, Johnson, Aljabar, Dalton, dan lain sebagainya sebagai ilmuwan dan penemu di dunia. (apalagi KAMU, yang ruang lingkupnya cuma disitu saja tapi sudah merasa paling WAH!) Ilmu yang Allah berikan bermakna seluas samudra, untuk mengunjungi dari 1 samudra ke samudra lainnya saja kamu butuh waktu yang lama, apalagi ini ilmu yang harus kamu selami bukan berada di permukaannya saja. 

Coba kamu tanyakan pada semua penemu di dunia, apa mereka bisa bersikap dan bersifat seperti Rasulullah??? Lalu kamu apa? kamu cuma manusia utuh yang hanya dibatasi dengan kemampuanmu. Bahkan ilmu kamu hanya sebatas teori dan ceramahan didepan kelas, bagaimana dengan praktek dalam kehidupan nyata, apa kamu sudah bisa hidup tanpa ibumu??? Mengurus rumah tanpa ibumu saja sepertinya kamu tidak akan mampu, apalagi harus hidup dengan segala tanggung jawab yang dipikul seorang ibu dan bapak diturunkan ke kamu semua… 

So what are you??? 

Jangankan mendapatkan ilmu tertinggi, bahkan menuntut ilmu kesabaran tidak hanya sebatas 1-2 tahun, tapi seumur hidup kamu, begitu juga semua manusia di dunia ini. Masih mengira kalau kamu mahluk Allah paling perfect, semua manusia diciptakan sempurna, sayang saja ilmunya belum cukup sampai kedalaman lautan dan itu pun kalau umur/usia mu dapat keunggulan dari Allah dan bisa diatas 2000 tahun.

  
  

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s