Ikhlas itu Mudah tapi tak Gampang


Simak aja dari judulnya… Iklas itu Mudah itu berarti kan gampang ya, tapi kenapa dibilang tak gampang. Disini gue mau cerita tentang Ilmu Ikhlas. Mudah sih tapi itu tak gampang di kerjakan.

Sebelum kita lanjutin, kita bahas dulu deh Apa sih Ikhlas, gue bukan guru agama ya jadi jangan beranggapan kalo gue itu bisa menjabarkan sesuatu perkataan dengan bahasa yang baik dan jangan tanya sama gue dari hadits atau ayat berapa. Gue orang cuek, tapi gue mengambil judul “Ikhlas” untuk orang-orang slank kayak gue.

Kalo ditanya lagi dari Ayat berapa nad di Al-Quran, gue ga bisa jawab. Tapi uniknya gue baca surat Al-ikhlas setiap sholat, didalam ayat tersebut tidak pernah di sebutkan “ikhlas” jadi ini bisa menjadi pemikiran gue sendiri.

Bahwasannya, Ikhlas itu tidak disebutkan… kalau masih disebutkan tanda nya kita belum Ikhlas, benar kah???

Ikhlas itu adalah sumber utama dari iman seseorang, bener ga sih? Bener banget!!!

Berpatokan dengan Rasulullah

Rasulullah bersabda, “Ikhlas lah dalam beragama, cukup bagimu amal yang sedikit”

Itu bahkan disuruh sama Rasulullah, segala hal nya kita berada dalam ke ikhlasan, berarti itu sebenarnya mudah tapi tidak gampang kan.

Hal nya nih, kalau kita ikhlas sholat, kita tidak akan ngomong, “sorry telat, abis sholat gue” heh??? Loh katanya ikhlas sholat tapi kok dibuat alasan dan disebut-sebut, sepertinya orang juga harus tau “Gue baru sholat tauk” aneh ga sih menurut lo???

Seseorang yang ikhlas itu akan terlihat dari wajahnya, sudah pasti bukan orang yang sombong, orang yang sok benar, orang yang sok pintar, sudah pasti orang yang selalu menunduk karena hatinya penuh dengan ke ikhlasan. Jarang gue lihat orang-orang yang ikhlas itu berkoar-koar, mereka biasanya hidup dengan tenang, nyaman, apapun yang mereka dapat dari Allah pasti mereka terima, baik atau buruk yang diberikan mereka akan ikhlas menerimanya.

Contoh nya siapa nad??? Banyak lah, coba aja kalau lihat dijalan, mereka pasti menundukkan pandangannya, selalu ada senyuman di bibir mereka dan mereka biasanya ramah tamah dan selalu mendahulukan orang lain dibanding kepentingan dunia mereka. Gue sih ga bisa nunjukkin siapa orangnya, cuma lo sendiri aja yang bisa tau dari memandang orang lain yang lo temuin setiap hari.

Gue juga masih dalam tahap belajar “ikhlas” makanya gue mau sharing tulisan mengenai itu.

Kisah Rasulullah

Jibril bertanya kepada Rasulullah, “Engkau beribadah kepada Allah seolah engkau melihatNya. Jika engkau tidak melihatNya, maka sesungguhnya Allah melihatmu.”

Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya Allah tidak menerima amal kecuali dilakukan dengan ikhlas dan hanya mengharap ridhoNya.”

Ini gue kutip dari page ya… so bener kata Rasulullah, sekarang lo beribadah (gue ga ngomong hanya sholat ya, ibadah keseluruhannya) masa iya karena mau dilihat orang banyak, aneh lah… Lo ibadah itu kalau perlu ga ada yang lihat kecuali Allah. Itu baru namanya Ikhlas.

Ada kisah seseorang

Ketika ia sudah nunggang nungging sholat, berzikir dan hampir seluruh sholat ia penuhi, lalu dia bertanya, “kenapa ya gue sudah lakukan semua yang Allah minta tapi gue masih ga nyaman, masih ga tenang?” hal kayak gini banyak menjadi polemik di negara kita. Siapa bilang sholat itu bikin lo tenang? Siapa bilang zikir itu bikin lo tenang?

Yang bikin lo tenang itu kalau segala sesuatu yang lo kerjakan itu Ikhlas dan hanya karena Allah. Jadi bukan berarti lo sholat dan zikir jadi membuat diri lo tenang dan nyaman.

Kalo gue suka bilang nya, “Lillahi ta’ala” setiap apapun yang terjadi. Mau itu baik ataupun buruk ya lo terima dengan hati yang lapang. Kalo gue pribadi sih belom bisa nih kayak gini, susah brur… Mau ikhlas gimana wong yang diambil itu pacar gue sendiri, hahaha… (cuma contoh ya)

Manusia itu hanya disuruh mengingat Allah, bukan berarti dengan mengingat Allah jadi lo beranggapan akan nyaman dan tenang, yang buat diri lo tenang dan nyaman ya lo sendiri dengan pastinya ke Ikhlasan itu dulu yang harus lo jalanin.

Manusia itu dibekali dengan otak, buat apa ya otak itu, buat berpikir lah! Jadi segala sesuatu itu dipikirkan dahulu, coba deh bercermin dan tanya sama diri lo sendiri, “Sudah ikhlas belom sih gue?” nanti pasti lo akan belajar lagi lebih ikhlas dan akan memahami diri lo sendiri. Jadi jangan lo tanya sama gue, “nad, gue sudah ikhlas belom sih?” lah, yang jalanin hidup lo itu ya lo sendiri, jadi lo tanya deh sama diri lo sendiri. Jangan lo tanya sama orang lain, apalagi nanya sama gue, gue aja masih suka lupa bercermin.

Jadi gimana bisa bilang Ikhlas itu mudah, tapi tidak gampang? Ya Ikhlas itu sebenarnya mudah, harus dikerjakan sendiri, pahami sendiri, berpikirlah sendiri, yang buat susah itu diri kita sendiri, kenapa sih kayak gitu? Ya itu tandanya lo belom bisa mengenal diri lo dengan baik, terlalu gila dengan dunia dan melupakan akhirat sedangkan lo tau bahwa lo itu hidup di dunia untuk mengingat Allah bukan selainnya.

Katanya, “Sesungguhnya jika amal dilakukan dengan ikhlas tetapi tidak benar, maka tidak diterima. Dan jika amal itu benar tetapi tidak ikhlas, juga tidak diterima. Sehingga amal itu harus ikhlas dan benar. Ikhlas jika dilakukan karena Allah SWT dan benar jika dilakukan sesuai sunnah.” mengadaptasi dari pendapat Fudhail yang disandarkan dari ayat Al-Quran surat Al-Kahfi ayat 110.

Ikhlas itu maknanya bersih dari kotoran dan menjadikan sesuatu itu bersih dan tidak kotor. Maka orang yang ikhlas adalah orang yang selalu menjadikan agamanya murni hanya untuk Allah saja dan menyembahNya dan tidak menyekutukan dengan yang lain dan tidak riya dalam beramal. (ini gue kutip dari page dakwah)

Ke ikhlasan itu menyebabkan beramal jadi nikmat dan tidak membuat lelah dan segala pengorbanan itu tidak berat. Bener banget kalo yang ini nih, semua hal yang lo lakukan hanya karena Allah.

Bisa ga ya kira-kira kita begitu? Harus bisa!!! Itukan seru an Rasulullah, artinya kita harus bisa Ikhlas dengan cara kita sendiri dan jangan pernah dipertanyakan bagaimana, tapi dilakukan sendiri dengan niat karena Allah. Sesuai ga sih kira-kira, Ikhlas itu mudah karena cara penulisan dan kata-katanya mudah, tapi tidak gampang dikerjakan karena banyak dari kita belum melaksanakannya. Yes???

So coba yuk belajar Ikhlas dari sekarang, semoga tulisan gue bisa sedikit banyaknya membantu lo untuk lebih Ikhlas lagi. Jangan pernah menyerah, jangan bilang “Ga bisa” tapi “Belum bisa” artinya lo akan bisa suatu saat nanti.

Advertisements

2 Comments on “Ikhlas itu Mudah tapi tak Gampang

  1. Ikhlas???melakukan semua kebaikan gak pernah berharap pamrih apapun,termasuk nggak mengharapkan pahala sekalipun,karena ibadah atau perbuatan baik apa pun yg dilakukan tidak lain hanya berharap ridlo Allah…like tulisanmu mbak nada

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: