Ilmu paling tinggi mendoakan orang yang baik


Hai pembacaku… Semoga dalam keadaan baik semua ya, kalau agak miring berarti sama kayak gue… hehehe

Kali ini mau membahas mendoakan orang lain, kenapa sih kita harus mendoakan orang lain yang baik? Karena itu akan kembali kepada diri kita sendiri, misalnya? Misalnya kita mendoakan orang itu di lindungi Tuhan, semoga doa itu pun akan kembali baik kepada kita, ibarat melemparkan bola ketembok, akan membal kembali kepada kita. Benar begitu?

Jika kamu mendoakan orang yang jelek, kamu yakin doa itu dikabulkan? Belum tentu karena itu hal yang tidak baik, apa itu ada hadits? Saya kurang paham, silahkan dicari sendiri.

Seseorang selalu minjam uang ke orang lain, sekali dikasih, dua kali dikasih, tiga kali dikasih, empat kali mulai diceramahi, lima kali sudah tidak dianggap, enam kali orang sudah tidak mau kenal lagi.

Orang meminjam uang ke kita, kasih jika kamu ikhlas dan menganggap itu sedekah mu, jangan pernah menagih hutang itu kecuali ada perjanjian sebelumnya yang sama-sama ikhlas meng-iya kan, jika tidak lalu tinggalkan.

Meminjam uang itu ke orang lain terkadang menjadi viral, sensitif hal ini, kawan bisa jadi lawan, saudara bisa jadi musuh. Tapi kalau orang itu memaksa, tinggalkan daripada berbuat dosa.

Ketika seseorang itu tidak bisa mengembalikannya, doakan yang baik, karena doa itu akan kembali pada kita. Ketika seseorang banyak alasan sehingga kabur dari hutang, biarkan dan doa kan juga yang baik-baik.

Hutang itu akan ditagih di akhirat, benar? Saya kurang paham, karena saya bukan ustadzah tapi kalau itu adalah kewajiban kita untuk mengembalikan ya! Rasulullah pernah tidak jadi menyolatkan jenazah karena ternyata jenazah masih mempunyai hutang. Besar ya artinya!

Masalah berbohong pada kita, itu urusan dia dan Tuhan… kita cukup mendoakan orang tersebut.

Apabila ada orang yang jahat pada kita, diam kan… cukup doakan yang baik-baik agar terbuka hatinya, balas dengan kebaikan jangan keburukan karena akan memperkeruh keadaan.

Apabila ada orang yang masa bodoh walaupun kita sudah sangat memperhatikan keadaannya, biarkan dan jangan sakit hati tapi sentuh dengan doa kita yang baik-baik untuk dirinya.

Ketika kita disakiti, bersabarlah, ikhlas, karena semua itu pasti ada artinya yang Tuhan tunjukkan kepada kita. Kita hanya manusia biasa, tidak akan pernah canggih bisa merubah watak atau perilaku manusia biasanya, apa yang bisa kita lakukan? Hanya doakan yang terbaik untuk mereka.

Kita pasti sering beribadah, tapi apa kita terpikirkan untuk mendoakan orang lain selain keluarga kita sendiri atau diri kita sendiri? Jarang ya… Saya juga jarang, walaupun kadang ingat dan langsung berdoa yang baik-baik. Jadi doa itu penting, baik untuk diri kita sendiri, Rasulullah dan Rasul-rasulnya juga tentunya orang lain.

Berdoalah karena itu yang dianjurkan Tuhan, berdoalah hanya kamu dan Tuhan yang tau, bersujudlah jika mau dan bersedekahlah jika mampu.

Makin tinggi iman kita, akan semakin kuat kita akan terjangan duniawi dan akan selalu mengingat akhir kita. Karena yang hidup didunia ini pasti akan mati.

Yuk mari kita bangun iman dan ibadah kita hanya mengharapkan ridho dan berkah dari Tuhan bukan yang lainnya. Semoga kita diberikan yang terbaik oleh Tuhan kedepannya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: