Ciri-Ciri Hamil Muda yang Wajib Dipahami Ibu Hamil


  1. Suhu Tubuh Meningkat

Setelah proses ovulasi, suhu tubuh wanita akan mengalami peningkatan. Hal ini terjadi karena pelepasan hormon progesteron. Sementara itu, suhu tersebut terus meningkat jika terjadi pembuahan.

Itulah alasan mengapa di awal kehamilannya, suhu tubuh wanita mengalami peningkatan. Ciri-ciri ini dialami saat hamil usia 1 minggu. Alangkah baiknya, segeralah periksa ke dokter saat Anda mengalaminya.

2. Rasa Letih dan Kantuk yang Tidak Biasa

Entah mengapa, tubuh terasa lebih letih daripada biasanya. Rasa letih ini merupakan salah satu ciri-ciri hamil muda. Perubahan hormon adalah faktor yang mengakibatkan timbulnya rasa letih yang berlebihan.

Untuk itu, sebaiknya Anda perlu mengatur pola istirahat dan jangan beraktivitas secara berlebihan agar tidak kelelahan. Jika kondisi tubuh prima, maka kesehatan janin akan terjaga.

Saat awal kehamilan, Anda juga bisa merasakan rasa kantuk yang lebih sering dari biasanya. Hal ini juga terjadi akibat perubahan hormonal. Apabila mengalami rasa kantuk, maka gunakan untuk tidur.

Tidur merupakan istirahat yang efektif, sehingga mampu mengistirahatkan badan secara total. Nantinya, badan menjadi rileks dan kondisi kesehatan akan meningkat. Aktivitas dapat kembali berjalan lancar.

3. Bercak Darah (Tidak Selalu)

Setelah usia kehamilan menginjak 1 minggu, maka akan muncul flek atau bercak darah. Bercak tersebut merupakan bercak implantasi akibat adanya zigot yang menempel di dinding rahim.

Warna bercak tersebut berbeda dengan darah haid, sehingga dapat dibedakan dan menjadi tanda awal kehamilan. Meskipun demikian, tidak semua wanita mengalaminya.

4. Mual atau Muntah

Ciri-ciri hamil muda yang paling sering dialami adalah mual atau muntah. Faktor penyebabnya adalah perubahan hormonal pada masa kehamilan.

Kadar hormon yang berubah saat hamil menyebabkan rasa pedih pada bagian perut, sehingga menimbulkan rasa mual, bahkan hingga muntah. Rasa mual dan muntah ini muncul saat kandungan berusia 1 minggu, bahkan ada yang sampai 3 minggu.
5. Pusing

Pusing adalah ciri awal kehamilan saat usianya 1 minggu atau hingga 3 minggu, tergantung kondisi tubuh ibu. Faktor penyebab pastinya adalah terjadinya peningkatan hormon saat hamil.

Sistem imun tubuh juga harus menyesuaikan dengan perubahan hormonal tersebut, sehingga mengeluarkan energi lebih. Apabila Anda mengalami anemia atau hipotensi, maka akan mengakibatkan sakit kepala.

Untuk meringankan sakit kepala saat awal kehamilan, baiknya Anda mengonsumsi minuman hangat saat pagi dan malam hari. Selain itu, gunakan minyak oles pada kening apabila mulai terasa pusing.

Cara tersebut akan menghangatkan tubuh dan membantu menyembuhkan pusing. Kurangi juga aktivitas harian yang tergolong berat agar tidak dehidrasi ataupun anemia, sehingga tidak memicu pusing.

6. Terlambat Datang Bulan

Terlambat datang bulan merupakan ciri-ciri hamil muda yang menonjol untuk menandai terjadinya kehamilan. Siklus bulanan yang tidak datang lagi ini disebabkan sel telur yang dibuahi, sehingga tidak luruh menjadi darah haid.

Meskipun tidak haid, muncul bercak yang diakibatkan implantasi zigot pada rahim. Karena pendarahan ini sangat sedikit, maka tidak selalu muncul di setiap kasus kehamilan.

7. Perubahan Pada Payudara

Perubahan secara fisik pasti terjadi pada masa kehamilan. Adanya perubahan pada payudara dapat diketahui sejak kehamilan sudah menginjak usia 1 minggu dan 3 minggu. Pada masa awal kehamilan, umumnya payudara menjadi lebih kencang dan padat. Terjadi perubahan hormon yang juga menyebabkan membesarnya ukuran payudara sebagai persiapan menyusui.

8. Kram Perut Bagian Bawah

Kram perut? Saat wanita hamil muda, terdapat perubahan fisik yang sudah pasti dialami. Salah satunya adalah kram perut bagian bawah yang diakibatkan oleh perubahan hormon dan terjadinya implantasi pada dinding rahim.

Tanda ini muncul ketika usia kehamilan menginjak 1 minggu, bahkan ada yang sampai 3 minggu. Apabila hal ini terjadi, maka segera periksakan ke dokter agar mendapat penanganan.

9. Nyeri Pinggul

Nyeri pinggul adalah ciri-ciri hamil muda yang umumnya dialami. Rasa nyeri tersebut lebih terasa saat digunakan untuk bergerak, terlebih untuk beraktivitas skala berat.

Akibatnya, ruang gerak lebih terbatas. Mau tidak mau, Anda harus mengatur aktivitas agar kesehatan lebih stabil. Atur pola istirahat yang memadai untuk menghindari kelelahan.

10. Sering Buang Air Kecil

Ciri awal kehamilan selanjutnya adalah sering buang air kecil. Setelah fertilisasi dan terjadi proses implantasi, rahim akan berkembang untuk menampung janin yang semakin lama juga semakin besar.

Perkembangan rahim tersebut menyebabkan kandung kemih mengalami tekanan. Akibatnya, wanita hamil akan lebih sering buang air kecil.

11. Indera Penciuman Lebih Sensitif

Tingkat sensitivitas pada wanita hamil semakin tinggi, terlebih pada masa awal kehamilan, yaitu 1 minggu hingga 3 minggu.

Indera penciuman juga lebih sensitif, seperti bau harum dari bunga dan buah ataupun aroma bumbu dapur yang sangat sedap. Jika Anda lebih suka mencium bau yang menyengat, maka bisa jadi Anda sedang mengandung buah cinta.

12. Perubahan Mood

Perubahan mood secara tiba-tiba dan tak menentu merupakan salah satu ciri-ciri hamil muda yang dipicu oleh perubahan hormonal.

Umumnya, tanda ini terjadi pada kehamilan usia 1 minggu sampai 3 minggu, tergantung pada individu masing-masing. Mengapa demikian? Perubahan hormon setiap individu berbeda, sehingga perubahan mood juga tak akan sama.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: