Hindari obat pencahar ketika Hamil, ini yang membuat Keguguran


Ini pengalaman yang baru saya dapat jawabannya, waktu tahun lalu saya hamil dari bulan september hingga desember, tapi sayangnya saya harus di kuret karena tiba-tiba embrio pada bulan ke 4 hilang di USG.

Beberapa bulan kemudian saya cari terus kenapa penyebab nya, sedangkan pemeriksaan PA sudah tidak bisa lagi memeriksa jaringan, karena bisa dikatakan jaringan kantung janin kosong, lalu saya search dan saya ingat-ingat kembali.

Ternyata ada 2 faktor utama yang pernah saya minum saat itu, yang satu minuman serat, karena memang sembelit saya parah sekali, hingga akhirnya saya tidak bisa ke belakang, tanpa pemberitahuan ke dokter sebelumnya, saya minum beberapa kali, lalu ditambah saya juga pernah meminum 1 kapsul obat pencahar.

Pada minggu ke 16, kehamilan saya pun terasa aneh, saya merasa sangat mual, begitu buang air pun ternyata darah keluar seperti menstruasi, lalu saya curiga, akhirnya saya minta dianter ke dokter.

Janin tidak bisa dipertahankan walaupun suntikan sudah beberapa kali dilakukan, akhirnya saya menyerah dan dokter melakukan kuret.

Setelah beberapa bulan kemudian saya baru tau jawabannya itu dari seorang dokter yang saya konsultasikan. Justru karena saya cerita, dia marah besar, lalu bilang sama saya, lain kali begitu tau hamil, walaupun baru seminggu atau dua minggu, langsung datang ke dokter, jangan sampai kenapa-kenapa lagi dan jangan pernah meminum apapun hanya karena sembelit parah, itu memang normal untuk kehamilan awal pasti ada mual, sembelit dan paling parah kamu bisa tiduran berjam-jam hanya karena merasa diri tidak sehat.

Ini untuk pelajaran ibu-ibu hamil, jangan pernah meminum apapun yang belum dapat persetujuan dari dokter, apapun itu besar kecil, sedikit banyak nya, tanyakan pada dokter, apa kita boleh mengkonsumsi nya, demi kehamilan kita yang sehat.

Jujur saya sangat menyesal, sangat menyesal sekali, semoga kalau dapat amanah lagi dari Allah, saya pasti tidak akan pernah menyentuh apapun kecuali atas resep dari dokter.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: