Jawaban dokter mengenai Terlambat Menstruasi


Terlambat menstruasi sekitar 1-3 minggu sebaiknya tidak perlu dikhawatirkan, umumnya pada tiap wanita akan mengalami sesekali gangguan menstruasi dalam hidupnya akibat : stress pikiran, kelelahan, nutrisi yang kurang atau berat badan turun drastis, kegemukan, gangguan hormonal pada penyakit tiroid, sindrom kista polikistik pada indung telur dan kehamilan. Menstruasi terlambat lebih dari 3 bulan harus segera mendapat pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan. Menstruasi yang terlambat dapat berhubungan dengan kehamilan bila pada wanita yang sudah berhubungan intim dan terjadi pembuahan sperma terhadap sel telur, disertai gejala seperti mual muntah dipagi hari, lemas dan mudah lelah, sensitif terhadap bebauan dan gangguan nafsu makan. Pemeriksaan berikutnya dapat dilakukan testpack 1-2minggu setelah berhubungan intim atau melakukan pemeriksaan ke dokter. Pada minggu awal kehamilan sulit untuk memeriksa kantung kehamilan melalui USG.

Menstruasi normalnya seperti darah keluar merah terang, agak kehitaman diserati gumpalan darah kecil dan sisa jaringan halus keluar. banyaknya 20-8-cc sehari selama 3-7 hari. Misalnya pada testpack postif bila kemudian terjadi perdarahan bukan menstruasi, dapat disebabkan penyakit lain seperti keguguran, bahaya keguguran(hampir keguguran), plasenta perlekatan dibawah, atau hamil luar kandungan, hal ini perlu penanganan segera oleh dokter spesailis kandungan.

Makanlah makanan yang bergizi, hangat. Hindari terlambat makan atau makan makanan yang mengiritasi lambung. hindari konsumsi es atau air dingin selama menstruasi. Berjemur dipagi hari, lakukan aktivitas atau streetching ringan. Atasi stress.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: