Photography (Fotografi)


Fotografi (dari bahasa Inggris: fotografi, yang berasal dari kata Yunani yaitu “foto”: Cahaya dan “Grafo”: Melukis / menulis) adalah proses melukis / menulis dengan menggunakan media cahaya. Sebagai istilah umum, fotografi berarti proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu objek dengan pantulan cahaya yang mengenai objek tersebut pada media yang peka cahaya. Ini adalah kamera yang paling populer. Tanpa cahaya, tidak ada foto yang bisa dibuat.

Prinsip fotografi adalah memfokuskan cahaya dengan bantuan pembiasan agar mampu memperbaiki medium penangkap cahaya. Medium yang telah dibakar dengan ukuran luminitas cahaya yang tepat akan menghasilkan bayangan identik dengan cahaya yang digunakan medium pembiasan (selanjutnya disebut lensa).

Untuk menghasilkan intensitas cahaya yang tepat untuk menghasilkan gambar, digunakan bantuan alat ukur berbentuk lightmeter. Setelah mendapat pencahayaan yang tepat, seorang fotografer dapat mengubah intensitas ini dengan mengubah kombinasi ISO / ASA (ISO Speed), diafragma (Aperture), dan kecepatan rana (speed). Kombinasi antara ISO, Diafragma & Kecepatan disebut sebagai pajanan (paparan).

Di era fotografi digital mana film tidak digunakan, maka kecepatan film yang semula digunakan berkembang menjadi Digital ISO.

Fotografi saat ini telah berkembang menjadi gaya hidup, hal ini dimulai semenjak pindah era digital dan berkembangnya media sosial.

(Wikipedia)

Menurut saya, fotografi itu adalah menciptakan suatu kenangan dari satu momen yang kita lewati. Untuk pengambilannya kita butuh beberapa teori tentang kamera dan cahaya.

Walaupun tidak harus menggunakan kamera mahal, paling tidak kita harus mencari teori nya dulu agar lebih menikmati bagaimana baiknya untuk menciptakan sebuah kenangan yang sangat indah, karena momen tidak akan pernah bisa diulang lagi.

Begitu pula teori pencahayaan, selama ini saya lebih tertarik mengambil momen landscape dan portrait people, untuk pencahayaan tidak terlalu membutuhkan lampu tambahan ataupun flash yang mahal untuk membantu, paling tidak bisa menggunakan natural light (matahari) atau flash yang seadanya.

Buat saya untuk menciptakan sebuah karya, saya butuh karya itu berbicara sendiri tanpa harus saya tuliskan panjang-panjang caption/judul dan keterangan, hanya butuh satu kalimat singkat yang menjabarkan seluruh detail cerita dari satu frame.

Hanya saja ada beberapa yang paling menarik dari fotografi adalah kekuatan lensa, karena lensa mahal akan membuat frame yang sangat berkesan, indah, tentu ada Point of view dan detail yang ditampakkan, kalau saya lebih memilih untuk menabung agar dapat membeli lensa yang bagus dan tahan lama, kebanding kamera yang mahal.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: